Label

Kamis, 17 September 2015

Sedikit Kisah dari Tanah Rantau

Assalamualaikum wr.wb
Ya allah..I think it almost 3 months i didnt post something again here. I am so sorry for that.
Have so many things to do dan setelah sekian lama menanti akhirnya malam ini datang kesempatan untuk kembali bersua disini.Alhamdulillah~
Tapi sebelumnya perlu diinfokan kalau ini adalah post pertamaku sejak pindah kediaman di Yogyakarta. So,Welcome to me! Lol #ignore. Dan yaa...post ini juga akan memuat resume sedikit perjalanan&pengalaman disini. Bagaimana hidup baru di tanah rantau dengan status baru pulaa #ambigu . wkwkwk

Ok,jadi resmi mulai menapaki kaki pertama kali di jogja itu pada 10 Agustus 2015. Sebagai anak rantau tentu banyak cita dan harapan yang turut dibawa dari daerah asal,berharap bisa terealisasi itu pasti. Tapi in fact nya,ada banyak hal-hal yang harus "distabilkan" lebih dulu supaya jalan untuk mencapai target awal itu tercapai, dan ya sedang dalam proses.Doakan yoo..




Sekitar seminggu pertama itu sangat melelahkan tapi harus diakui itu mengasyikkan ^_^ . Tiga hari pertama harus tidur dengan kasur tanpa seprei dan selimut,dan waktu itu jogja pada malam dan paginya sangaaat dingiin. Harus mencari makan 3x sehari diluar karena rice cooker belum datang,pergi kemana-mana mencari isi kosan itu jalan kaki siang-siang yang puanaassnya ampun dah. Tapi itu perjuangan ^^. Aku pikir isi kosan itu hanya itu-itu saja,ternyata bahkan barang-barang kecil seperti lap pel,sabun pel,ember,gantungan pakaian,dsb juga harus dibeli sendiri,dan aku sering lupa jadi ya bolak-balik toko gitu deeh..wkwkwk.

Merdeka tatkala mama akhirnya datang,bahagia karena bisa makan dimana aja,wkwkwk. Hidup terjamin laaah~:D waktu ada mama semua masih terasa seperti rumah dan berjalan normal as usual. Dan yang paling berat adalah saat mama pulang,bahkan aku sempat punya acara nangis-nangisan bareng sama mama. Aku mulai merasa takut waktu itu,sempat berpikir aku nggak sekuat itu untuk bertahan dan mama berat banget juga ninggalin anaknya. Dulu di mataram gapernah pisah lebih dari sehari,dan waktu itu juga cuma di daerah-daerah sekitar sedangkan sekarang tahu-tahu begini jauh dengan jangka waktu yang tak sebentar pula.Jangan lupakan faktor anak tunggal perempuan lagi.Jadi yaa gituu deh~
Masa-masa mama datang itu bersamaan dengan PPSMB UGM selama satu minggu,PPSMB nya asyik,banyak games,inspirator,dan temen-temen dari interdisipliner ilmu yang berbeda .Jangan lupakan closing celebration PPSMB PALAPA 2015 yang kece itu juga yaa..bisa di cek di

https://www.youtube.com/watch?v=B1RSNr3q3Ls

Setelah closing celebration hari minggu ,hari seninnya adalah kuliah perdana.Mata kuliah pertamaku sekaligus matkul yang pertama membuatku jatuh cinta adalah ilmu lingkungan.Asyik rasanya bisa mempelajari tentang lingkungan berikut hukum,budaya,sosial,dan aspek-aspek kompleks lainnya .
Umumnya mahasiswa baru mempunyai 20 sks,begitupun aku. Ada 7 mata kuliah di jurusanku yaitu ilmu lingkungan,biologi umum,kimia dasar,geologi,matematika dasar,fisika dasar,kimia dasar,bahasa inggris.Beruntungnya aku kuliah dari hari senin-kamis dan semuanya berjadwal pagi-zuhur,jadi setelahnya ada banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Asyiknya kuliah ini menurutku setelah jam kuliah berakhir,seringnya ada seminar-seminar ataupun kuliah umum gituu,sampai sekarang ini aku baru mengikuti dua seminar. Yang pertama itu mengenai neuroscience,tentang plastisitas otak selama perkembangan dan cedera oleh Jaimie Adelson Ph.D dari  Univ.Stanford. Beliau cukup fasih berbahasa indonesia untuk percakapan namun saat presentasi menggunakan bahasa inggris seutuhnya. Yang aku ingat mahasiswa baru hanya ada lima orang di ruangan itu dan sisanya merupakan dosen dan kakak-kakak tingkat. Seminar kedua mengenai TOP CAREER ,ini tentang bekerja di perusahaan-perusahaan kece milik Jepang. Sebenrnya si agak salah masuk seminar aku waktu ini,wkwkk.Lah ini seminar tentang pengenalan perusahaan-perusahaan jepang,tips-tips wawancara kerja,dan ada pemberitahuan lowongan pekerjaan juga.Seminar ini ditujukan untuk mahasiswa yang kira-kira akan lulus tahun depan atau dua tahun lagi.And me??Aku bahkan baru masuk kuliaaah tolooong~ tapi tak apalah,ilmu dan info baru kan lumayan yaaa
Jadi menurutku sering-sering deh hunting info seminar-seminar gitu,apalagi yang gratisaan,wkwk. Cari seminar yang waktunya cocok sama waktu senggangmu,daripada jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) wkwkwk.

Nah seperti di SMA,di kuliah ada juga seperti promosi ekskul gitu . Semua UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) tingkat univ dan komunitas-komunitas di UGM dipamerkan di gelanggang expo yang berlangsung tiga hari dari tanggal 3-5 September 2015.Sayangnya waktu itu aku cuma sempat datang sekali dan lagi itu malam,jadi cuma bisa mendatangi beberapa stand yang di halamannya saja.Kala itu bertepatan dengan jadwal team gamada 15 tanding di event Biophoria dan memang lagi sibuk-sibuknya juga sih.
Selain gelanggang expo,tak jauh dari gelanggang ada juga Festival Jepang gitu,agak lupa nama pastinya .Nah yang ini lebih sedih lagi,nggak sempat nengok sama sekali.Belum rezeki kali ye~yowes~ wkwkwk

Sampai detik ini aku baru mendaftar untuk ikut Jamaah Salahuddin UGM dan Forsalamm,rencananya untuk yang tingkat fakultas aku mau ikut JMMB(Jamaah Muslim Mahasiswa Biologi) ,BEM,dan KSK (Kelompok Studi Kelautan) .
Lihat saja kedepannya ya,info ini dapat berubah sewaktu-waktu,wkwkk

Sorry belum bisa cerita banyak kalau tentang UKM ,karena info yang di dapat juga masih limit,hehehe dan sekarang ini lagi masa-masanya pendaftaran. Besok dan lusa ada biofest,disitu akan dikenalkan dan juga dibuka pendaftaran untuk setiap UKM yang fakultas.


Sepertinya itu dulu untuk kesempatan kali ini.Sebenarnya ada cerita homesick juga tapi next time aja ya jika berkesempatan ,hehehe..

Terima kasih sudah membaca.

 *NB: Ini laporan pesananmu irisha p.anindito :p



1 komentar: